INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Pergerakan Pemudik di Jawa Timur 9 Juta Orang PDF Cetak E-mail

Arus pemudik dari berbagai daerah di Indonesia, ke Jawa Timur (Jatim), diperkirakan mencapai 4 juta warga, sedangkan yang mudik dari Jatim, ke provinsi lain dan antar kabupaten/kota di provinsi ini, lebih banyak yakni 5 juta orang.

“Dengan demikian total pergerakan warga yang mudik Lebaran dari luar dan menuju di Jatim, sebanyak 9 juta orang,” kata Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, di Surabaya, Minggu (3/7) petang.

Menurut Saifullah Yusuf, dari jumlah tersebut warga yang memanfaatkan  program mudik bareng gratis sebanyak 165 ribu orang. Tujuan mudik dari Surabaya, menuju 37 kabupaten/kota lainnya di provinsi ini dan sebagian ke luar Jatim.

Pemerintah Provinsi Jatim dan badan usaha milik negara (BUMN) serta pihak swasta, menyiapkan 750 bus, yang dapat mengangkut 60 ribu penumpang. Dengan kereta api 120 ribu orang dan kapal laut sebanyak sembilan ribu  penumpang. Khusus untuk kendaraan roda dua Pemprov Jatim, juga menyiapkan truk pengangkut.

Manfaat yang diperoleh dalam program mudik bareng menurut wagub, untuk mengurangi antrean di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan laut dan mengurangi volume kendaraan khususnya roda dua di jalan.

Pada bagian lain dikatakan, adanya tes urine untuk kru bus, yakni sopir dan kenek, dinilai bagus. Masalahnya, jangan sampai para pengemudi teller, saat membawa penumpang antar kota. Dalam tes urine, jika yang bersangkutan terbukti positif mengkonsumsi narkoba, maka tidak boleh membawa bus.

Sementara itu, arus mudik dari terminal tipe A Purabaya, Surabaya, ke berbagai kota di Jatim dan provinsi lain, mencapai puncaknya pada Minggu (3/7). Ribuan penumpang memadati terminal tersebut. Pada Snin (4/7), kepadatan penumpang sudah jauh berkurang. [TG]

Sumber: Suara Pembaruan, Senin 4 Juli 2016

http://sp.beritasatu.com/nasional/pergerakan-pemudik-di-jawa-timur-9-juta-orang/115980 

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini312
mod_vvisit_counterKemarin2174
mod_vvisit_counterMinggu ini10897
mod_vvisit_counterBulan ini51125
mod_vvisit_counterSemua3921906
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download