INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
PT KAI Buka Rute Purwokerto-Bandung PDF Cetak E-mail
INSTRAN.org - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi V Purwokerto membuka rute baru Purwokerto-Bandung. Rute baru tersebut mulai dibuka pada Ahad 1 September 2013."Kereta yang digunakan yakni kereta Ekonomi Serayu, Purwokerto-Bandung dan dilanjutkan ke Jakarta," kata Manajer Humas Daops V, Surono, Ahad (1/9).

Ia mengatakan, kereta api ekonomi jurusan Jakarta melalui lintas selatan ini semula diberangkatkan dari stasiun Kroya dalam 2 kali pemberangkatan setiap harinya. Kereta itu yakni kereta Serayu Pagi pukul 07.10 dan kereta Serayu Malam pukul 17.10.

Menurut dia, dari stasiun Purwokerto kereta Serayu pagi akan diberangkatkan pukul 06.30 atau dibelakang kereta Logawa jurusan Purwokerto- Jember, dan untuk kereta Serayu Malam diberangkatkan pukul 16.30 setiap harinya. Sedangkan jadwal keberangkatan dari stasiun Kroya dan stasiun lainnya di lintas selatan sampai dengan Jakarta tidak mengalami perubahan.

Ia menambahkan, kereta Serayu pagi akan tiba di stasiun Kiaracondong (Bandung) pukul 13.16 dan kereta Serayu Malam pada pukul 23.48. Selanjutnya kedua kereta api ini akan meneruskan perjalanan sampai Jakarta. Selain di Kiaracondong, untuk kereta api Serayu Pagi juga akan berhenti di stasiun Padalarang.

Sedangkan jadwal keberangkatan dari Kiaracondong menuju Purwokerto yakni pukul 12.05 untuk kereta Serayu pagi dan pukul 00.05 untuk kereta Serayu Malam. Kereta Serayu Pagi akan tiba di Purwokerto pukul 19.11. dan KA Serayu Malam pada pukul 06.42. "Waktu tempuh dari Purwokerto sampai Bandung untuk KA Serayu ini rata- rata hanya sekitar 6,5 jam," katanya.

Masing- masing kereta Serayu ini setiap harinya akan membawa enam gerbong penumpang, satu gerbong kereta makan dan satu gerbong khusus angkutan barang. Kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 106 kursi tiap gerbongnya, sehingga setiap pemberangkatan akan tersedia total 636 tempat duduk. "Seluruh gerbong penumpang dan kereta makan telah menggunakan pendingin udara," kata dia.

Asmanur Arumsari, 30 tahun, warga Purwokerto yang bekerja di Bandung mengatakan, selama ini untuk pergi ke Bandung hanya ada moda tranportasi umum berupa bis dan travel. "Jalur jalan darat di selatan cukup rusak, dengan adanya kereta api perjalanan bisa lebih nyaman," katanya.
 
Sumber berita: tempo.com, 2 September 2013

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1532
mod_vvisit_counterKemarin3356
mod_vvisit_counterMinggu ini7977
mod_vvisit_counterBulan ini35754
mod_vvisit_counterSemua1364509
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Bekasi Anggarkan Rp 500 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Bekasi Anggarkan Rp 500...

INSTRAN.org –- Kota Bekasi menyediakan anggaran...

Peresmian Tol Ungaran-Bawen Diminta Ditunda

Peresmian Tol...

INSTRAN.org - Rencananya, Jumat (4/4/2014), ruas...

Bus Masuk Jurang di Thailand, 27 Tewas dan 20-an Terluka

Bus Masuk Jurang di...

INSTRAN.org — Setidaknya 27 orang tewas dan...