INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner

Mengoptimalkan Peran Jak Lingko

INSTRAN.org - Gagasan OK-O-Trip yang kemudian sekarang berubah menjadi Jak Lingko sungguh merupakan gagasan yang cerdas untuk peningkatan layanan...

Pemprov DKI Jakarta Bagikan 800 Kartu Jak Lingko Gratis

INSTRAN.org - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus gencar mengkampanyekan penggunaan transportasi publik. Pemprov DKI akan menggelontorkan...

BUMN Bekali Siswa Maluku Wawasan Moda Transportasi Terintegrasi

INSTRAN.org - Sebanyak 23 pelajar asal Maluku yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) diajak untuk menjajal moda transportasi darat...

BPTJ Buat Program 'Jalan Hijau', Ajak Warga Pakai Transportasi Umum

INSTRAN.org  - Badan Pengelola Tranportasi Jabodetabek (BPTJ) memperkenalkan program bernama 'Jalan Hijau'. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono,...

Menakar Kebijakan Ganjil Genap Tanpa Diskriminasi

INSTRAN.org - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermaksud memperluas kebijakan ganjil genap untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Rencananya,...

  • Mengoptimalkan Peran Jak Lingko

    Kamis, 22 Agustus 2019 10:13
  • Pemprov DKI Jakarta Bagikan 800 Kartu Jak Lingko Gratis

    Rabu, 21 Agustus 2019 15:07
  • BUMN Bekali Siswa Maluku Wawasan Moda Transportasi Terintegrasi

    Selasa, 20 Agustus 2019 10:43
  • BPTJ Buat Program 'Jalan Hijau', Ajak Warga Pakai Transportasi Umum

    Senin, 19 Agustus 2019 12:21
  • Menakar Kebijakan Ganjil Genap Tanpa Diskriminasi

    Senin, 19 Agustus 2019 10:15

Metropolitan

Mengoptimalkan Peran Jak Lingko
Kamis, 22 Agustus 2019
INSTRAN.org - Gagasan OK-O-Trip yang kemudian sekarang berubah menjadi Jak Lingko sungguh merupakan gagasan yang cerdas untuk peningkatan layanan transportasi umum di Kota Jakarta. Jak Lingko bukan... Selanjutnya...
Pemprov DKI Jakarta Bagikan 800 Kartu Jak Lingko Gratis
Rabu, 21 Agustus 2019
INSTRAN.org - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus gencar mengkampanyekan penggunaan transportasi publik. Pemprov DKI akan menggelontorkan 800 kartu Jak Lingkogratis melalui program Jak... Selanjutnya...
BUMN Bekali Siswa Maluku Wawasan Moda Transportasi Terintegrasi
Selasa, 20 Agustus 2019
INSTRAN.org - Sebanyak 23 pelajar asal Maluku yang mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) diajak untuk menjajal moda transportasi darat terintegrasi yang ada di Jakarta. Adapun moda... Selanjutnya...
BPTJ Buat Program 'Jalan Hijau', Ajak Warga Pakai Transportasi Umum
Senin, 19 Agustus 2019
INSTRAN.org  - Badan Pengelola Tranportasi Jabodetabek (BPTJ) memperkenalkan program bernama 'Jalan Hijau'. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, mengungkapkan program ini mengajak masyarakat mengurangi... Selanjutnya...
Menakar Kebijakan Ganjil Genap Tanpa Diskriminasi
Senin, 19 Agustus 2019
INSTRAN.org - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bermaksud memperluas kebijakan ganjil genap untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Rencananya, kebijakan ini akan diterapkan pada setiap Senin sampai... Selanjutnya...
Tol Cikarang-Brebes Dibuat Satu Arah PDF Cetak E-mail
Jumat, 10 Mei 2019 11:07
INSTRAN.org – Pemerintah akan menerapkan sistem satu arah (one way) dengan jarak tempuh sangat panjang, tepatnya mulai ruas tol Cikarang hingga Brebes Barat, pada arus mudik nanti. 

Skenario satu arah dipilih karena dinilai lebih efektif untuk mengantisipasi kemacetan parah. Rencana ini tengah dimatangkan Men teri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama jajaran terkait. Selain satu arah, skenario lain yang di siap kan untuk mengurai kemacetan arus mudik adalah dengan sistem ganjil-ge nap. 

Namun melihat kondisi la pang an, besar kemungkinan model satu arah akan lebih dipilih lantaran lebih efektif baik dari kebutuh - an personel maupun sarana infrastruktur. Jika berjalan efektif, sistem satu arah juga akan diberlakukan saat arus balik Lebaran pada 8-9 Juni mendatang. 

Soal jam penerap an, ren ca - nanya bersifat situ a sional tergan tung ke pa dat - an lalu lintas. Kendati demikian, sejum lah kalangan me - minta peme rin tah tidak gegabah mene rap kan ren cana ini. Pemerintah di minta ju ga mem per - ha tikan hak peng gu na jalan tol dari arah ber la - wan an. 

Untuk meng anti si pasi ke macetan, opti malisasi jalur non tol juga bisa menjadi pilih an. Menhub masih meyakini sis tem satu arah lebih efektif. Sis tem ini sebenarnya te lah di - terapkan kondisional pada ta hun-tahun sebe - lumnya, khu sus nya di tol Ci pali. 

“Kita punya ke - cenderungan un tuk meng gu na kan satu arah,” ujar Men hub di Istana Kepresidenan Ja karta ke - marin. Jika benar sistem satu arah dari Cika rang hingga Brebes Ba rat ini diterapkan, setid ak - nya terobosan ini adalah model satu arah terpanjang yang pernah dilaku kan pe me rin tah. 

Jarak antara awal sis tem satu arah yakni di Cikarang Utama Km 29 hing ga Brebes Ba rat Km 262 mencapai 233 kilo meter. Menhub menegaskan, dengan sistem satu arah, justru ja lur nontol juga lebih di optimalkan. 

Dia mencontohkan saat arus mudik, maka pe ngen - dara dari arah ti mur akan me - man fa at kan jalan pan tu ra. Men hub mengungkapkan, op - ti mali sa si jalur nontol seperti pantura ini ju ga te lah diins - truk sikan Presi den Joko Wi - dodo (Jokowi). 

Direktur Jenderal Perhu - bung an Da rat Kemenhub Budi Seti yadi meren ca na kan pelak - sa naan sistem satu arah saat mu dik ditetapkan per 30-31 Mei dan 1-2 Juni. Ruas yang di - gunakan untuk arus balik dite - tap kan dari Km 189 hingga Km 29 dengan waktu penetapan per 8-10 Juni. 

“Baik arus mudik mau pun arus balik waktu detail atau jam nya akan diterapkan se - lama 24 jam,” ujarnya. Menurut Budi, penetapan waktu dan kilometer satu arah telah dikoordinasikan dengan Korlantas Polri. “Konsep ini ka - mi rasa sudah tidak akan ba - nyak berubah setelah per te mu - an Pak Menhub dengan Kapolri nanti,” tandasnya. 

Direktur Angkutan dan Mul ti Moda Ahmad Yani me - nga ta kan, nantinya juga ada pengkhususan untuk bus. Se - lama masa mudik, nantinya bus diarahkan akan berada di lajur A dan tidak boleh ber pin - dah. 

“Ada pun penyiapan jalur tran sisi dari A ke B akan di siap - kan me lalui petunjuk arah dan im bau an di lapangan,” te rang - nya. Adapun sistem ganjil-ge - nap rencananya diterapkan saat kendaraan akan menye be - rang menggunakan kapal pe - nye be rang an. 

Dirjen Budi ber - alasan, penerapan ganjil-genap di jalur penyeberangan Merak- Bakau heni mengingat secara kuanti tas jumlah dermaga ti - dak ber tambah, namun secara kualitas ada penambahan me - la lui der ma ga eksekutif. 

“Kenapa kita te rapkan ganjil-genap pada saat kendaraan mau ma - suk kapal penyeberangan se - bab kecen de rung an pemudik ini hampir sa ma, yakni ke banyak berangkat di siang hari, ini nanti kita ubah polanya,” ucap Ahmad Yani. 

Dia menambahkan, pola gan jil-genap yang akan dite - rap kan di kapal penyeberangan akan ditunjang dengan fung - sio nal nya jalur tol Bakauheni- Ter bang gi Besar hingga Kayu Agung ke arah Palembang. 

Pemerintah juga mene tap - kan kendaraan logistik atau ang kutan barang yang masih te tap beroperasi pada masa mu sim mudik ini adalah ken - da raan yang mengangkut sem - ba ko, ter masuk kendaraan yang meng angkut barang eks - por-im por dengan tanda stiker khu sus terbitan Kemenhub dan Kor lantas Polri. 

Kemenhub memprediksi jum lah kendaraan pribadi pada masa angkutan Lebaran 2019 akan naik 13% dari tahun se be - lumnya menjadi 10,61 juta unit. Jumlah tersebut terdiri atas mo bil pribadi sebanyak 3,76 ju ta unit atau tumbuh 17,59% dan sepeda motor 6,85 juta unit atau tumbuh 10,78%. 

Salah satu penyebab tingginya peng gu na an kendaraan pri ba - di adalah telah tersambungnya tol Trans Jawa. Kepolisian juga menyata - kan sis tem satu arahakan lebih efek tif. Kepala Korps Lalu Lin - tas Polri Irjen Refdi Andri me - nga ta kan, kepolisian dan ins - tan si lain dalam perkemb ang - an nya lebih siap menerapkan satu arah. 

Sistem ganjil-genap tidak men jadi pilihan utama ka rena mem butuhkan kerja ke r as di la pangan. Dia mengimbau para pe mu - dik untuk menyiapkan sejum - lah hal seperti kesehatan dan kendaraan. 

Kemudian, patuhi aturan di jalan dan mengisi bahan bakar yang cukup. “Jangan lupa juga perhatikan uang elektronik untuk memasuki tol,” tandasnya. 

Manfaatkan Jalur Lain 

Anggota Komisi V DPR Bam bang Haryo menilai ren - ca na re kayasa jalur mudik yang di buat pemerintah ter li - hat ku rang me lalui peren ca na - an ma tang. 

De ngan memberlakukan tol satu arah dan ganjil-genap saat mu dik, hal itu justru akan me nam bah ma salah karena yang me la ku - kan mudik tidak hanya masyarakat dari barat ke timur (arah Jakarta-Jawa Ti mur). 

Se lain itu, kebanyakan ma - syara kat juga mendapatkan libur Le baran yang sama dan mereka ingin segera pulang te - pat waktu ke kampung hala - man. “Kalau satu arah saja dan ganjil-genap, saya pikir ini juga tidak me me cah kan suatu ma - sa lah. 

Seha rus nya jika terjadi ke padatan kendaraan melaku - kan contra flow sehingga la jur - nya tidak di tu tup total,” ujar Bambang. Bambang melihat, Menhub be lum secara maksimal meng - gu na kan infrastruktur yang su dah ada. 

Pemerintah itu seharusnya tahu bahwa jalur mudik Jawa itu mempunyai tiga jalur, yakni jalur utara (pantura), jalur tengah, dan jalur selatan (pantai selatan). “Di mana ini masih be lum dimaksimalkan untuk di sosi alisasikan kepublik bahwa ada tiga jalur mudik yang bisa di lalui,” terangnya. 

dita angga/ ichsan amin/ kiswondari/ okezone 


Sumber : Koran sindo, Jumat 10 Mei 2019

http://koran-sindo.com/page/news/2019-05-10/0/0/Tol_Cikarang_Brebes_Dibuat_Satu_Arah

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Sudah beredar

Baner
Penulis : Darmaningtyas Tebal buku : xxi+344 hal Penerbit : INSTRAN-Pustaka Yashiba Harga : Rp.50.000; Pemesanan via pos ditambah ongkos kirim sesuai ketentuan tarif. Hub: Ratim/Nova, 021-79197057

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1574
mod_vvisit_counterKemarin3587
mod_vvisit_counterMinggu ini16078
mod_vvisit_counterBulan ini77879
mod_vvisit_counterSemua5882561
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download