INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Baner
Emosi Karena Menunggu Transjakarta Terlalu Lama PDF Cetak E-mail
tj 
INSTRAN.org - Sekarang ini sering terdengar penumpang bus Transjakarta marah-marah di halte karena terlalu lama menunggu kedatangan bus. Seperti yang terjadi Selasa 10 Maret 2015 di halte Transjakarta kawasan RNN Cawang, seorang ibu berteriak saat naik ke dalam bus dengan mengatakan penumpang yang di dalam maju ke depan karena di depan masih longgar. Si ibu mengatakan dia sudah dua jam menunggu Transjakarta di halte tersebut.

Penumpang yang berada di dalam bus merasa kesal dengan teriakan si ibu yang mengatakan di depan masih longgar padahal kondisi di depan bus Transjakaarta tersebut juga sudah cukup padat. Mereka membalas teriakan si ibu dengan mengatakan kita juga sudah dua jam berdiri di dalam bus hingga saat ini karena jalur bus macet mulai dari Grogol.

Semua penumpang sepertinya emosi karena terlalu capek berada di dalam bus karena perjalanan yang sangat lama, bisa empat jam karena jalur Transjakarta juga macet parah dimasuki kendaraan pribadi. Begitu juga penumpang yang menunggu di halte, karena terlalu lama menunggu mereka juga lelah dan menjadi emosi.

Keadaan seperti ini menjadi pemandangan sehari-hari di dalam bus Transjakarta begitu juga dengan halte yang ada. Semuanya terjadi karena waktu tunggu bus yang terlalu lama, tanpa kepastian karena jalur Transjakarta dimasuki kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Begitu juga penumpang yang berada di dalam bus, juga sangat menderita karena harus berdiri cukup lama, hampir empat jam hingga tiba di tempat tujuannya.

Sekarang, dengan tidak sterilnya jalur Transjakarta membuat bus yang mempunyai jalur khusus ini tidak ada bedanya dengan bus umum lainnya, semua mengalami kemacetan karena jalurnya bisa dimasuki oleh kendaraan pribadi. Kita tidak tahu bagaimana Pemprov DKI melihat kondisi ini. 

Apakah akan dibiarkan seperti sekarang ini, sehingga bus Transjakarta tidak ada bedanya dengan bus reguler lainnya. Atau Pemprov DKI bertindak tegas seperti yang pernah dilakukan mengenakan denda Rp 500.000 bagi kendaraan pribadi yang masuk jalur Transjakarta. Tanpa tindakan tegas, Transjakarta tidak akan ada manfaatnya bagi masyarakat.

Surat pembaca diambil dari Suara Pembaruan tanggal 11 Maret 2015.

http://www.suarapembaca.net/report/reader/2156059/emosi-karena-menunggu-transjakarta-terlalu-lama

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
 

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini310
mod_vvisit_counterKemarin2174
mod_vvisit_counterMinggu ini10895
mod_vvisit_counterBulan ini51123
mod_vvisit_counterSemua3921904
Terima kasih atas kunjungannya