INSTRAN.org | NGO on Transport Issues

  • Indonesian
  • English
Banner

Kasus Covid-19 Meroket, Satgas Minta Pemerintah Daerah Kembali Terapkan Ganjil-genap

INSTRAN.org - Angka penularan Covid-19 terus meroket di berbagai daerah di Indonesia. Lantaran itu, pemerintah daerah diminta membuat kebijakan untuk...

Satgas Minta Transportasi Umum Dibatasi 25% dan Hanya Sampai 20.00 WIB, Ini Respons PT KCI

INSTRAN.org - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah merekomendasikan sejumlah pembatasan kegiatan sosial...

Ahmad Sahroni Minta Kapolri Bongkar Jalur Sepeda, Pengamat Transportasi: Tidak Tepat Itu

INSTRAN.org - Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menilai pernyataan anggota Komisi III DPR mengenai...

Pengamat Transportasi: Polisi tak Punya Wewenang Bongkar Jalur Sepeda

INSTRAN.org - Pengamat dari Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang mengatakan polisi tidak memiliki kapasitas untuk membongkar jalur...

Persetujuan Kapolri Bongkar Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Tuai Kritik

INSTRAN.org - Keberadaan jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin terus menimbulkan kontroversi setelah pertama kali diuji coba...

  • Kasus Covid-19 Meroket, Satgas Minta Pemerintah Daerah Kembali Terapkan Ganjil-genap

    Monday, 21 June 2021 11:40
  • Satgas Minta Transportasi Umum Dibatasi 25% dan Hanya Sampai 20.00 WIB, Ini Respons PT KCI

    Monday, 21 June 2021 11:21
  • Ahmad Sahroni Minta Kapolri Bongkar Jalur Sepeda, Pengamat Transportasi: Tidak Tepat Itu

    Friday, 18 June 2021 15:50
  • Pengamat Transportasi: Polisi tak Punya Wewenang Bongkar Jalur Sepeda

    Friday, 18 June 2021 15:23
  • Persetujuan Kapolri Bongkar Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Tuai Kritik

    Thursday, 17 June 2021 11:06

Metropolitan

Kasus Covid-19 Meroket, Satgas Minta Pemerintah Daerah Kembali Terapkan Ganjil-genap
Monday, 21 June 2021
INSTRAN.org - Angka penularan Covid-19 terus meroket di berbagai daerah di Indonesia. Lantaran itu, pemerintah daerah diminta membuat kebijakan untuk bisa menekan potensi penularan wabah yang... Read more...
Satgas Minta Transportasi Umum Dibatasi 25% dan Hanya Sampai 20.00 WIB, Ini Respons PT KCI
Monday, 21 June 2021
INSTRAN.org - Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah merekomendasikan sejumlah pembatasan kegiatan sosial masyarakat yang lebih intensif dalam dua pekan ke depan. Read more...
Ahmad Sahroni Minta Kapolri Bongkar Jalur Sepeda, Pengamat Transportasi: Tidak Tepat Itu
Friday, 18 June 2021
INSTRAN.org - Pengamat transportasi dari Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang menilai pernyataan anggota Komisi III DPR mengenai pembongkaran jalur sepeda, tidak tepat. Read more...
Pengamat Transportasi: Polisi tak Punya Wewenang Bongkar Jalur Sepeda
Friday, 18 June 2021
INSTRAN.org - Pengamat dari Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang mengatakan polisi tidak memiliki kapasitas untuk membongkar jalur sepeda di ruas jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta... Read more...
Persetujuan Kapolri Bongkar Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin yang Tuai Kritik
Thursday, 17 June 2021
INSTRAN.org - Keberadaan jalur sepeda permanen di Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin terus menimbulkan kontroversi setelah pertama kali diuji coba pada Februari 2021 lalu.  Read more...
Mudik Lokal-Ziarah Ditiadakan PDF Print E-mail
Tuesday, 11 May 2021 16:50

INSTRAN.org — Momen Lebaran di Jabodetabek tahun ini berbeda. Di tengah larangan mudik nonaglomerasi dan ancang-ancang warga piknik lintas wilayah, pemerintah daerah di wilayah Jabodetabek-Cianjur sepakat meniadakan mudik lokal danziarah kubur.Namun, obyek wisata tetap buka dengan sejumlah pembatasan. Keputusan ini berbeda dengan kebijakan Kementerian Perhubungan yang membolehkan mobilitas warga di sejumlah wilayah aglomerasi, termasuk Jabodetabek. Kesepakatan ini berarti membatasi pergerakan warga lintas wilayah.

”Ini menjawab diskusi selama ini bahwa mengunjungi dalam kampung, antarkampung, ataupun antarkelurahan, antarkecamatan,tidak dianjurkan,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai rapat koordinasi kepala daerah dan unsur TNI/Polri di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/5/2021).

Sejumlah pembatasan yang disepakati para kepala daerah yang hadir itu akan diatur dalam surat bupati/wali kota. Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran, pada kesempatan sama, mengatakan, polisi akan menyaring (filterisasi) aktivitas masyarakat pada pukul 18.00-22.00. Kegiatan itu, antara lain, akan diterapkan pada malam Idul Fitri yang biasa diisi takbir keliling. ”Bagi kegiatan yang mengundang kerumunan akan ada filterisasi.

Takbir baiknya virtual dirumah atau masjid dan mushala masing-masing maksimal kapasitas 10 persen,” katanya. Wali Kota Bogor Bima Arya menyebut, kepala daerah di Jabodetabek-Cianjur juga sepakat meniadakan ziarah kubur dan pembatasan obyek wisata.

Mudik, kata dia, tak hanya ditafsir pulang kampung,tetapi juga seluruh kegiatan lintas wilayah tanpa tujuan jelas. Karena itu, halalbihalal dan open house ditiadakan.

Semua silaturahmi diimbau dilakukan virtual. Yang diizinkan kebutuhan/kegiatan mendesak, seperti tugas, sakit, kedukaan, dan ibu hamil seperti Permenhub No 13/2021.

Kesepakatan selanjutnya terkait peniadaanziarah kubur. Kompleks pemakaman ditutup Rabu-Minggu (12-16/5). Begitu pula ziarah komersial, seperti makam tokoh nasional dan tokoh agama juga ditiadakan.

Kompleks pemakaman hanya untuk prosesi penguburan. Tempat wisata tetap buka dengan pembatasan kapasitas 50 persen. Pembukaan itu mempertimbangkan faktor ekonomi. Namun, tempat wisata hanya dikunjungi warga sekitar atau KTP setempat.

 

”Jadi, tempat wisata di Bogor hanya akan menerima pengunjung ber-KTP Bogor. Di Jakarta juga hanya akan menerima wisatawan dari Jakarta,” ucap Anies.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melanjutkan, warga yang mengunjungi obyek wisata wajib menunjukkan hasil negatif tes cepat antigen atau tes usap. Saat ini, Pemkot Bogor masih merujuk pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) atau surat edaran wali kota tentang PPKM.

”Masih kami rumuskan aturan di obyek wisata. Namun, ketentuan pengunjung wajib menunjukkan surat negatif Covid-19,” katanya.

Di tempat terpisah, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan dinas kebudayaan dan pariwisata bersama satpol PP mendisiplinkan protokol kesehatan dan pembatasan kegiatan di lokasi pariwisata. Lokasi wisata di kawasan Puncak berada di Kabupoaten Bogor.

”Sejumlah ketentuan dan syarat protokol kesehatan di obyek wisata harus dipatuhi,” kata Ade. Tempat wisata alam atau konservasi satwa eks situ dan wahana permainan di luar ruangan diperbolehkan dengan jumlah pengunjung maksimal 50 persen kapasitas.

Jam operasionalnya pukul 08.00-17.00. Sementara, wahana permainan dalam ruangan diperbolehkan dengan pengunjung maksimal 50 persen. Jam ope- rasionalnya pukul 10.00-21.00.

Untuk gelanggang renang yang berdiri sendiri atau fasilitas penginapan dan fasilitas tempat wisata diperbolehkan dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen dan jam operasional pukul 10.00-17.00.

Wisata di Jakarta Di Jakarta, Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyu Bambang menjelaskan, sesuai edaran Pemprov DKI Jakarta, pengunjung TM Ragunan dibatasi 30 persen atau 30.000 pengunjung per hari.

Pengelola menerapkan teknis pendaftaran daring untuk memesan tiket. ”Ini bukan untuk beli tiket, melainkan memesan tiket. Pembelian tetap di TM Ragunan,” kata Wahyu. Warga yang boleh berkunjung ke TM Ragunan hanya warga ber-KTP DKI Jakarta.

”Aturan ini dalam rangka pembatasan mikro, juga supaya membatasi mobilitas warga. Ini sejak 8 Mei lalu,” katanya. Sekali mendaftar daring bisa untuk lima pengunjung yang dipesan H-1 kunjungan. Jam operasional pukul 07.00-14.00. Pendaftaran dan pemesanan tiket daring juga diberlakukan pengelola Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Adi Widodo, Kepala Bagian Humas TMII, menjelaskan, selama Lebaran, pengelola mem- batasi pengunjung 30 persen per hari atau 18.000 orang. Pengunjung bisa mendapat- kan tiket masuk dengan dua cara: memesan daring atau pembelian nontunai dan tunai.

Rika Lestari, Corporate Communication Ancol, menjelaskan, pengunjung wajib memesan dan membeli tiket daring melalui ancol.com. Pengelola membatasi kuota 30 persen per hari.

Rika juga mengingatkan, sebelum berekreasi ke Taman Impian Jaya Ancol, calon pengunjung wajib memastikan kondisi kesehatannya dan mengisi self assessment dalam sistem tiket daring. Di seluruh unit rekreasi Ancol nantinya akan ada petugas yang mengecek suhu tubuh se- tiap pengunjung. Batas toleransi maksimal suhu tubuh adalah 37,3 derajat celsius.

Manajemen juga mengimbau pengunjung agar melakukan transaksi nontunai.Pengunjung juga disarankan membawa peralatan makan dan minum pribadi meski Ancol dilengkapi gerai makanan dan restoran

 

 

Sumber : Kompas 11 Mei 2021 

Deli.cio.us    Digg    reddit    Facebook    StumbleUpon    Newsvine
Last Updated on Tuesday, 11 May 2021 16:51
 

Has been published

Banner
Writer : Darmaningtyas Thickness : xxi+344 pages Publisher : INSTRAN-Pustaka Yashiba Price : USD 10 Postal purchased please call: Izzul Waro, +6221-79197057-info@instran.org

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1304
mod_vvisit_counterYesterday2589
mod_vvisit_counterThis week1304
mod_vvisit_counterThis month74293
mod_vvisit_counterAll7689636
Terima kasih atas kunjungannya

This page require Adobe Flash 9.0 (or higher) plug in.

Download Buku

 

 

 

 

 

 

 

Download

 

 

 

 

 

 

 

Download